Rabu, 18 Februari 2009

Kategori Hedonisme


Kategori Hedonisme

Dalam perkembangannya Hedonisme dibagi dalam beberapa kategori sebagai berikut:

Pertama: Hedonisme Individual, yang berarti paham yang mengatakan bahwa setiap manusia seharusnya mencita-citakan kesenangan diri setinggi-tingginya selama hidup di dunia. Kedua: Hedonisme Universal, yang mengajarkan bahwa setiap orang seharusnya mengharapkan kesenangan tertinggi bagi semua orang.[1] Pengikut ini dapat melihat lebih luas daripada kepentingannya sendiri. Yang terpenting bukan aku, tetapi kelompokku dan sahabat-sahabatku.

Sudah nyata bahwa paham ini mempunyai banyak unsur yang baik. Yang menjadi masalah ialah kecenderungannya untuk selalu menyesuaikan diri dengan pandangan orang lain. Karena pengikut jalan ini akan menyenangkan orang-orang lain, pertanyaan yang penting bagi dia adalah “bagaimana pendapat mereka tentang perbuatanku?” Ia berusaha melakukan apa saja yang disetujui dan menyenangkan teman-temannya.

Ketiga: Hedonisme Kwantitatif, berarti paham yang memberi perhatian terhadap jumlah kesenangan yang dihasilkan dan menolak untuk membuat penggolongan atas kesenangan.

Keempat: Hedonisme Kwalitatif, paham yang menyatakan bahwa ada berbagai ragam kesenangan, dan diantaranya ada yang lebih baik serta lebih mulia dari yang lain


Tidak ada komentar:

Posting Komentar