Minggu, 15 Februari 2009

Jangan Takut


Jangan Takut (Mat 10:26-33)

Pendahuluan: Kecemasan, ketakutan, menjadi makan sehari-hari.

Bagian bacaan sebelumnya adalah nubuatan tentang masa depan. Ia sedang memberitahukan bahwa untuk menjadi Kristen yang sejati maka kita akan mangalami banyak penderitaan (18, 22). Dan hal itu memang terjadi pada Paulus, Ploicarpus, Welem, dll, namun banyak orang dubahkan dari emua itu (Kis 13:12).

Dalam ayat2 ini qta dapatkan ungkapan yang diutliskan berulang-ulang. Jangan takut. Pernyataan khas Injil, ada 12x dalam Injil. Mengapa ketakutan itu penting? Ketakutan lawan dari iman. Kita hidup di tengah2 dunia yang penuh dengan ketakutan, tekanan mental. Tiap tahun obat penenang habis, alcohol. Banyak penyakit yang diakibatkan stress, randang pencernaan dll. Penelitian 70% penyakit jsamani diakibatkan oleh ketegangan syaraf, kawatir, dan rasa takut. Bahkan Dr. Martyn Loyd, Inggris stop bekerja untuk menjadi penginjil karena katanya obat, atau operasi jantung hnaya menyembuhkan pada permukaan sedangkan iman dalam Kristus pada menyembuhkan akar pemsalahan. Tiga macam rasa takut.

1. Takut akan tuduhan atau fitnahan (26).

Baca 25, Apa maksdnya? Karena kmu muridNya maka kalau Aku diserang maka kamu juga diserang. Ketika Yesus usir stan orang2 berkata bhawa itu kuasa setan. Ini hal yang akan dilami setiap HT. Jika kita takut lebih berhanti jadi HT. ketakutan ini sering menghantui karena memang sudah jadi watak manusia untuk selalu berharap orang lain berpikir yang baik2 saja tentang kita. Jadi jangan takut pada ayat 26. Kalau kita tahu bahwa Allah akan unkapkan kebenaran mengapa kita takut. Percaya bahwa Hari Penghakiman semua akan diungkapkan. Contoh menjadi orang Kristen di lingkungan.

2. Takut mati (28).

Dialami semua orang. Namun dalam Ibrani 2:15 punya jangkauan luas. Kehilang kerja, rumah, keluarga, dan ini adalah salah satu arti kematian menurut Kitab Suci. Demikian lihat ayat 39 artiya mati setiap hari. Mati setiap hari adalah masalah besar org Kristen. Mengapa banyak orang tidak mau melayani, karena takut mati atau takut hilanh standar kehidupan mereka.

3. Takut terluka (29-30)

Harga yang sangat murah di Yerusalem, harga orang miskin. Bagima mengkap pipit? Di katapel, jika kena pasti terluka atau murah.

Bertanyalah ketakutan macam apa yang ada pada diri kita?

Biarkan Allah menyeliki hati kita, jika kita membuat daftar pasti sangat banyak ketakutan dalam hidup ini. Ada yang takut punya jodoh, suami, pekerjaan, dll. Bahkan seumur hidup ada yakut menjadi Kristen karena bisnis, karier, pekerjaan tidak langgeng. Mereka berkata biar hamper ajal saja baru sya dibaptis n jadi Kristen. Ada yang takut menjadi Kristen nanti ditertawai,.

Birkan Allah membebaskan anda. Dosalah yang membuat kita menjadi takut. Contoh kalau kita buat pelanggaran kalau tidak pakai helem.

Bagaimana iman menjadi lawan dari ketakutan?

1. Iman adalah keyakinan pada keadilan (26)

Orang boleh fitnah tapi saya yakin akan keadilan Allah. Sekalipun sekarang tersembuny tapi nanti dibukakan

2. Iman adlh kyakinan pda kuasa Allah utuk menyelamatkan (28)

Jangan takut pada manusia karena kuasa terbatas.

3. Iman adalah keyakinan pada kasih Allah kepada kita (31). Obyek kasih Tuhan, begitu mengasihi kita sehingga Dia katakan Luk 21:18……. Bahkan Mat 7:11 adalah janji bagi kita

Miliki satu rasa takut yaitu Takut akan Allah.!

Takut kalau Kristus tidak mengakui kita pada hari itu. Dia katakan menjauhlah (Mat 7:23). Takut ……ayat 32. Bagaimana pikiran orang tentang saya tidak membuat saya takut, satu2nya hal yang saya perhitungkan adalah bagimana pikiran Yesus tentang saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar