Jumat, 24 April 2009

Mengubah Dunia


Mengubah Dunia
Berusaha mengubah seseorang adalah pekerjaan yang sulit dan memang sulit. Betapa sempurnanya dunia jika saja orang lain mengikuti apa yang kita inginkan. Saya pernah membaca sebuah tulisan dinding yang intinya merupakan kunci rahasia perubahan. Tulisan aslinya dalam bahasa Belanda, yang diterjemahkan menjadi:
UBAHLAH DUNIA – MULAILAH DARI DIRI ANDA SENDIRI
Itu bukanlah hal yang ingin kita dengar!! Yesus menceritakan tentang perumpamaan bagaimana kita tidak dapat melihat kesalahan diri sendiri. Ia berkata, “Bagaimanakah engkau dapat berkata kepada saudaramu; saudara, biarlah aku mengeluarkan selumbar yang ada dalam matamu, padahal balok yang di dalam matamu tidak engkau lihat? Hai orang munafik, keluarkanlah balok dari matamu, maka engkau akan melihat dengan jelas untuk mengeluarkan selumbar itu dari mata saudaramu” (Luk 6:42).
Kemampuan untuk melihat kesalahan orang lain dengan mudah tanpa pernah memperhatikan kesalahan sendiri bukan hanya indikasi dari sebuah kemunafikan. Hal itu juga merupakan sebuah peringatan bahwa kemunafikan sayalah penyebab terjadinya masalah dalam suatu hubungan. Munglin tingkah laku saya yang perlu dirubah. Atau sayalah yang perlu minta maaf. Dapat juga sayalah yang memerlukan roh yang rendah hati.
Ini merupakan pelajaran yang harus kita pelajari terus menerus. Kita tidak dapat mengubah orang lain, tetapi dengan pertolongan Allah kita dapat mengubah tingkah laku kita sendiri. Dan ketika tingkah laku kita berubah, akan terlihat seakan-akan orang lain juga berubah.
Berubah adalah hal yang sangat indah
Walau kadang banyak halangan dan rintangan menghadang
Perubahan itu dimulai dari diri kita sendiri
Dan membutuhkan banyak perjuangan (ChapunK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar